Artikel Perusahaan digital : E-business


PERUSAHAAN DIGITAL: E-BUSINESS

PENDAHULUAN

E-bisnis (E-business) adalah pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. E-bisnis juga diartikan sebagai penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon). E-business menggunakan teknologi elektronik utamanya adalah internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. Menurut O’Brien e-bussines adalah penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat prosesproses bisnis, perdagangan elektronis (e-commerce) dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok dan mitra kerja bisnis elektronis lainya.
Merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak, sehingga menjadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM juga merupakan kelompok pelaku
ekonomi terbesar dalam perekonomian di Indonesia dan telah terbukti menjadi kunci pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis ekonomi, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis. Itu artinya, usaha mikro yang memiliki omset penjualan kurang dari satu milyar, dan usaha kecil memiliki omset penjualan pada kisaran satu milyar, serta usaha menengah dengan omset penjualan di atas satu milyar pertahun, memiliki peran yang sangat besar dalam proses pembangunan bangsa ini.

PEMBAHASAN

A.   Pengertian E-Business[1]
E-business adalah istilah yang lebih umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktivitas membeli dan menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya atau dengan kata lain e-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis. Fungsi dari e-business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource managemen. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business.
Secara keseluruhan, e-commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu.
Di sisi lain, e-bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.

B.   Security Dalam E-Business
Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce dan E-Bussines yaitu Kriptografi Public Key yang merupakan sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun kita belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut.

C.   Aplikasi Dss e-Business[2]
1.      Aplikasi Pendukung E-business
·         Menggunakan sistim informasi untuk mendukung pembuatan keputusan bisnis telah menjadi salah satu daya dorong utama penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis. Bagaimanapun, revolusi e-commerce yang dihasilkan oleh Internet dan Website se Dunia (WWW), diharapkan meningkatkan informasi dan penggunaan sistem pendukung keputusan bagi karyawan perusahaan, para manajer, pelanggan, para penyalur, dan mitra bisnis lainnya.
·         Tayangan ini menyoroti beberapa aplikasi utama pendukung keputusan e-business yang customized, diselaraskan, dan Web-enabled untuk digunakan dalam kegiatan e-business dan e-commerce.
·         Aplikasi Pendukung Keputusan E-Business ini saat ini dibuat dengan cepat dan akan segera tersedia tersedia bagi karyawan, para manajer, pelanggan, para penyalur, dan mitra bisnis lainnya dari suatu perusahaan yang tergabung dalam jaringan e-business.
2.      Jenis Keputusan dalam e-Business: Informasi Struktur Keputusan Tak terstruktur Semi-terstruktur Terstruktur
3.      Jenis Keputusan dalam e-Business
·         Agar kegiatan e-business dan e-commerce berhasil, perusahaan memerlukan sistim informasi yang dapat mendukung berbagai kebutuhan informasi dan dukungan dalam pengambilan keputusan bagi para profesional bisnis yang berbeda-beda. Jenis informasi yang diperlukan oleh pembuat keputusan di dalam suatu perusahaan secara langsung berhubungan dengan tingkatan manajemen dan strukturnya di dalam berbagai situasi yang memerlukan adanya keputusan tertentu.
·         Perencanaan dan Pengendalian Strategis . Para eksekutip Puncak mengembangkan tujuan organisasi secara keseluruhan , strategi, kebijakan, dan sasaran hasil melalui perencanaan strategis jangka panjang. Mereka juga memonitor pencapaian organisasi yang strategis dan arah keseluruhannya. Sebagai hasilnya, mereka secara khas dilibatkan dalam membuat keputusan yang tidak tersusun, yaitu keputusan di mana belum ada prosedur untuk membuat keputusan yang telah ditetapkan sebelumnya.
·         Perencanaan dan Pengendalian Taktis . Para manajer Pertengahan mengembangkan rencana dan anggaran jangka pendek dan menengah serta menetapkan kebijakan , prosedur, dan sasaran hasil untuk subunit dalam organisasi Mereka juga memperoleh dan mengalokasikan sumber daya dan memonitor pencapaian dari subunit organisasi di departemen, divisi, dan kelompok kerja lainnya. Karenanya, para manajer ini membuat keputusan yang lebih semi-structured di mana hanya sebagian dari prosedur keputusan dapat ditetapkan di depan.
·         Perencanaan dan Pengendalian Operasional . Para manajer pengawasan mengembangkan alat perencanaan jangka pendek seperti jadwal produksi. Para penyelia adalah para manajer digaris terdepan yang mengarahkan kegiatan para karyawan bukan manajemen. Kebutuhan Sistem Informasi bagi mereka sering dihubungkan dengan kegiatan pengolahan, monitoring, dan evaluasi phisik dari produk.
·          karena itu, keputusan mereka menjadi lebih tersusun; yaitu; pola atau prosedur pembuatan keputusanan dapat ditetapkan di depan.
4.      Jenis Laporan dalam Sistem Informasi Manajemen Laporan Terjadwal Secara Periodik Laporan Pengecualian Laporan Permintaan Dan Tanggapan Pelaporan Dorong Major Management Information Systems Reports
5.      Jenis Pelaporan dalam SIM
·         Konsep Sistem Informasi Manajemen, juga disebut Sistem Pelaporan Informasi , adalah bentuk awal dari Sistem Pendukung Manajemen. SIM menghasilkan produk berupa informasi yang banyak mendukung kebutuhan pengambilan keputusan sehari-hari dalam organisasi.
·         Empat alternatif utama bentuk pelaporan meliputi:
·         Laporan Berkala Terjadwal : Format yang tradisional ini menyediakan informasi bagi para manajer dengan menggunakan suatu format tertentu (prespecified) yang dirancang sedemikian rupa agar selalu tersedia informasi bagi para manajer secara reguler/teratur.
·         Contoh : laporan analisa penjualan mingguan dan laporan keuangan bulanan.
·         Laporan Perkecualian . Laporan Ini dihasilkan apabila suatu kondisi spesifik/tertentu terjadi. Sistem Informasi dirancang untuk menghasilkan suatu laporan perkecualian ketika suatu proses melampui beberapa parameter yang ditentukan dan memerlukan tindakan manajemen.
·         Laporan Perkecualian mengurangi beban informasi yang terlalu berat . Mereka juga mempergunakan Manajemen Berdasarkan Penyimpangan- - campurtangan dari manajemen hanya ketika perlu membuat keputusan
·         Laporan Berdasarkan Permintaan . Menyediakan informasi kapan saja seorang manajer memerlukannya. Contoh , bahasa query dari DBMS dan generator laporan memungkinkan para manajer pada stasiun-kerja online untuk mendapat/kan tanggapan secara cepat/segera atau mengirimkan informasi sesuai permintaan mereka .
·         Laporan yang bersifat mendesak : Banyak perusahaan saat ini menggunakan perangkat lunak “ webcasting” untuk memilih laporan dan informasi yang akan disebarkan melalui PC para manajer dan spesialis yang tergabung dalam intranets perusahaan. Dengan cara ini, informasi didorong/dipaksa masuk kedalam suatu jaringan stasiun-kerja para manajer..
6.      Pengolahan Analitis secara Online OLAP Server Database Multidimensi Corporate Databases Client PC
•      Spreadsheet
•      Paket Statistik
•      Software OLAP berbasis Web
Data ditelusuri dari database korporat dan Dimasukkan dalam database multidimensi OLAP Untuk penelusuran oleh sistem depan-akhir(front-end)
•      Database Operasional
•      Data Marts
•      Gudang Data
7.      Pengolahan Analitis secara On-line
·         Pengolahan Analitis secara Online ( OLAP) adalah suatu kemampuan manajemen, pendukungan keputusan, dan sistem informasi eksekutif yang memungkinkan para manajer dan analis untuk secara interaktip menguji dan menggerakkan sejumlah besar data yang terpadu dan terperinci dari berbagai perspektif .
·         Dasar Operasi Analitis meliputi:
·         Konsolidasi. Ini melibatkan kegiatan pengumpulan data. Menjadi sangat sederhana untuk melakukan roll-ups atau pengelompokan suatu data yang saling berhubungan secara kompleks. Sebagai contoh, data penjualan suatu kantor dapat digulung (roll-ups) ke penjualan suatu daerah dan data penjualan daerah digulung (roll-ups) ke penjualan wilayah.
·         Drill-Down . OLAP dapat juga melakukan kebalikan dari konsolidasi dan secara otomatis akan menampilkan data yang terkonsolidasi secara terperinci. Sebagai contoh , penjualan yang tersusun berdasarkan produk atau individu penjual yang meliputi suatu daerah penjualan dapat diakses dengan mudah.
·         Mengiris dan Memotong. Mengacu pada kemampuan untuk melihat isi database dari sudut pandang yang berbeda. Sebagai contoh , satu irisan suatu database mungkin menunjukkan semua penjualan suatu produk di dalam daerah. Irisan lain mungkin menunjukkan semua penjualan oleh suatu saluran penjulan. Dengan tersedianya alternatif dari berbagai perspektif secara cepat, fasilitas mengiris dan memotong memungkinkan para manajer untuk mengisolasikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan.
8.      Sistem Penunjang Keputusan What If-Analysis Sensitivity Analysis Goal-Seeking Analysis Optimization Analysis Important Decision Support Systems Analytical Models
9.      Sistem Penunjang Keputusan
·         Sistem Pendukung Keputusan ( SPK) adalah sistem berbasis-komputer yang menyediakan dukungan informasi interaktip bagi para manajer dan para profesional bisnis untuk pembuatan keputusan yang tidak tersusun dan semi-structured. Tidak sama dengan sistem informasi manajemen, DSS bersandar pada basis model.
·         Suatu basis model : adalah suatu komponen perangkat lunak yang terdiri dari model yang menggunakan prosedur perhitungan dan analitis yang menyatakan hubungan antar variabel secara mathematis . Ada berbagai jenis DSS basis model analitis.
a.       Analisis What-If . Pemakai akhir membuat perubahan variabel, atau hubungan antar variabel, dan mengamati hasil dari perubahan tersebut terhadap nilai dari variabel yang lain.
b.      Analisis Kepekaan . Suatu jenis khusus dari analisa What-if di mana hanya satu nilai variabel yang diubah berulang-kali, dan menghasilkan perubahan pada variabel lain diamati.
c.       Analisis Mencapai tujuan(Goal-Seek) : Dilakukan pengamatan bagaimana perubahan di dalam suatu variabel mempengaruhi variabel lain, analisa mencapai tujuan menetapkan suatu target nilai untuk suatu variabel, dan kemudian variabel lain berulang-kali berubah sampai target nilai tercapai.
d.      Analisis Optimisasi . Suatu model mempunyai tujuan yang lebih rumit. Sebagai ganti dari pengaturan suatu target nilai tertentu untuk suatu variabel, Tujuannya adalah untuk menemukan suatu nilai jumlah optimum untuk satu atau lebih variabel target, dalam suatu batasan tertentu. .
10.  Portal Informasi Perusahaan dan SPK Enterprise Information Portal Gateway Enterprise Information Portal User Interface Search Agents OLAP Data Mining Knowledge Management Database Management Functions Data Mart Other Business Applications Operational Database Analytical Database Knowledge Base DSS What-If Models Sensitivity Models Goal-Seeking Models Optimization Models Internet Intranet Extranet
11.  Portal Informasi Perusahaan dan SPK
·         Pengintegrasian pada berbagai platform adalah salah satu sasaran utama dari kegiatan e-business saat ini. Seperti ditunjukkan dalam gambar diatas, paket DSS yang lebih baru tidak hanya mampu untuk berjalan dibawah platform komputer yang berbeda-beda, tetapi juga dapat terintegrasi dengan sumber daya data perusahaan, termasuk database operasional, pasar data, dan gudang data.
·         Paket ini tidak lagi dibatasi oleh klasifikasi masukan dan tanggapan, tetapi dapat juga menggunakan sistem data visualisasi untuk menghadirkan data yang kompleks yang menggunakan bentuk gambar tiga dimensional yang interaktip. Hal ini pada gilirannya akan membantu para pemakai menemukan pola dan hubungan antar variabel pembuatan keputusan yang lebih cepat dan lebih mudah.
·         Sebagaimana diuraikan dimuka, sasaran e-business saat ini adalah untuk menyediakan informasi bagi seseorang yang memang memerlukan , kapan saja, dan di mana saja mereka berada. Semakin banyak perusahaan yang mengembangkan Pintu Gerbang (Portal) Informasi Perusahaan untuk menyediakan akses informasi melalui web. Bila berhasil diimplementasikan, pintu gerbang ini akan menyediakan suatu alat penghubung yang universal bagi kedua-duanya, sebagai pengetahuan/knowledge perusahaan] dan peralatan untuk pengambilan keputusan seperti halnya perlatan lainnya.

D.   Evolusi Electronic Business di Perusahaan [3]
Secara alami, perusahaan konvensional yang berniat untuk mengimplementasikan E-Business biasanya akan melalui tahapan evolusi. Perubahan secara perlahan-lahan merupakan suatu kewajaran karena selain manajemen tidak mau mengambil resiko besar, biasanya yang bersangkutan masih ingin melihat seberapa “visible” medium internet dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya (wait-and-see). Mayoritas dari perusahaan-perusahaan ini biasanya akan menjalani 6 (enam) tahapan pengembangan E-Business (Hartman, 2000) seperti:
1.      Brochurware
Pada tahap pertama, perusahaan biasanya menggunakan internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Istilah “brochurware” sendiri memiliki makna dipergunakannya internet sebagai sarana untuk mengembangkan brosur elektronik. Jenis-jenis informasi standar yang biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah: profil perusahaan, informasi produk dan pelayanan yang ditawarkan, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan lain sebagainya. Pada dasarnya  yang terjadi pada tahap ini adalah dipergunakannya internet sebagai medium komunikasi satu arah, dimana para calon pelanggan dapat melakukan pencarian (browsing) informasi sehubungan dengan seluk beluk perusahaan melalui fasilitas-fasilitas pada situs terkait.
2.      Customer Interactivity
Sesuai dengan namanya, pada tahapan berikut perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dengan para konsumennya (atau calon pelanggan). Contohnya adalah fasilitas interactive chatting yang memungkinkan para pelanggan untuk secara interaktif berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan bagian customer service perusahaan secara real time, atau yang lebih canggih lagi melalui fasilitas multimedia semacam tele conference yang memungkinkan seorang pelanggan untuk bertatap muka dengan manajemen perusahaan melalui kamera. Prinsip yang dikembangkan di sini adalah untuk menciptakan relasi atau hubungan interaktif dengan konsumen sebagai salah satu faktor yang menentukan aspek kepuasan dan loyalitas pelanggan. Yang perlu dicatat adalah, secara internal perusahaan, terkadang dibangun pula suatu mekanisme yang memudahkan para karyawan (manajemen dan staf) untuk melakukan komunikasi efektif (interaktif) melalui penggunaan teknologi informasi. Contohnya adalah penerapan konsep intranet dan groupware sebagai sarana untuk komunikasi, kooperasi, dan kolaborasi.
3.      Transaction Enabler
Tahap selanjutnya adalah pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce). Paling tidak terdapat dua jenis transaksi bisnis yang umumnya terjadi. Jenis pertama adalah mekanisme pembelian produk atau jasa oleh konsumen melalui internet. Aktivitas perdagangan seperti pemilihan barang melalui katalog, penawaran harga, sampai dengan pembayaran semuanya dilakukan melalui fasilitas yang tersedia di situs perusahaan. Jenis transaksi kedua adalah yang terjadi antara perusahaan dengan rekanan bisnisnya. Contoh klasiknya adalah pembelian barang-barang yang dibutuhkan perusahaan melalui jaringan ekstranet, yaitu infrastruktur teknologi informasi yang menghubungkan perusahaan dengan pemasok barangnya (supplier).
4.      One-to-One Relationship
Pengembangan infrastruktur E-Business selanjutnya adalah untuk menuju kepada apa yang diistilahkan sebagai “One-to-One Relationship”, yaitu mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan antar individu. Secara prinsip yang terjadi di sini adalah mekanisme penjualan produk atau pelayanan berbasis individu, yang memungkinkan masing-masing konsumen untuk berhubungan secara eksklusif dengan individu lain secara bebas. Contoh yang paling jelas adalah dalam bisnis perlelangan atau penjualan mata uang (money changer). Dampak dari mekanisme perdagangan seperti ini adalah dimungkinkannya seorang konsumen untuk memperoleh harga spesifik yang berbeda dengan konsumen-konsumen lainnya.

5.      Real Time Organizations
Pada tahap kelima ini yang terjadi adalah bisnis non-stop 24 jam dimana seluruh transaksi telah diambil alis secara otomatis oleh komputer. Secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga. Aspek real time yang dapat dirasakan manfaatnya adalah dapat dikonsumsikannya produk atau pelayanan pada saat itu juga, yaitu ketika pembayaran melalui kartu kredit misalnya telah terotorisasi dari bank yang bersangkutan. Aplikasi yang kompleks merupakan salah satu kunci kerberhasilan sebuah perusahaan yang telah mencapai tahapan pengembangan E-Business semacam ini.
6.      Communities of Interests
Tahap terakhir dalam evolusi E-Business adalah kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet. Hubungan antara perusahaan dengan konsumen, content partners, advertisers, dan komunitas lainnya akan menciptakan berbagai model bisnis baru yang selanjutnya akan menjadi sebuah peluang usaha yang layak untuk dikembangkan.
Kecepatan evolusi perusahaan dalam memanfaatkan internet untuk mengembangkan E-Business sangat ditentukan oleh kesiapan manajemen dan ketersediaan sumber daya yang memadai. Namun evolusi tersebut bukan pula berarti bahwa perusahaan yang bersangkutan harus secara sekuensial mengikuti tahap demi tahap yang ada, namun bagi mereka yang ingin menerapkan E-Business dengan “aman” dan “terkendali”, alur pengembangan aplikasi secara bertahap merupakan pilihan yang baik.
PENUTUP

Kesimpulan
Memiliki situs web perusahaan bagi sebagian orang dianggap merupakan langkah  dalam mewujudkan e-business bagi suatu usaha. Dan wajar pula bila kemudian situs web tersebut direncanakan untuk dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pada akhirnya menjadi sebuah sistem yang mampu melakukan transaksi ataupun kegiatan bisnis lainnya, karena situs web perusahaan atau homepage bagi perusahaan hanyalah tahapan paling awal dari suatu skenario panjang untuk bertransformasi menjadi suatu sistem e-business. Dan, proses transformasi sebuah situs web statis yang hanya merupakan bentuk digital company profile perusahaan menjadi sebuah sistem e-business yang handal, seringkali bukanlah hal yang sederhana.
Sudah saatnya bagi para pemain dan pelaku bisnis yang mulai memasuki arena pertempuran e-business untuk lebih kreatif dan jeli dalam menyediakan dan menawarkan produk dan jasa mereka dengan bantuan teknologi internet ini. Transformasi dari bisnis konvensional ke digital bukan hanya sekedar menggunakan teknologi canggih, tetapi jauh lebih penting adalah nilai tambah yang dapat dihasilkan dengan penggunaan teknologi internet. Dengan tidak adanya lagi batasan geografis, peluang pasar yang begitu besar terpampang di depan mata harus dapat dimanfaatkan seluas - luasnya. Peluang pasar yang besar tidak akan berarti apa - apa jika kita tidak dapat menarik minat dan perhatian mereka terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan, apalagi seiring dengan terbukanya pasar yang luas berarti juga terciptanya persaingan yang semakin ketat dengan para pesaing yang juga tidak lagi dibatasi secara geografis. Sehingga kata kunci yang dapat dihasilkan di sini adalah kenyamanan dan kepuasan pelanggan, dan untuk mencapai itu tidak hanya tergantung kepada teknologi - infrastruktur, perangkat keras maupun perangkat lunak - yang canggih semata, namun juga kejelian menerapkan model bisnis yang tepat untuk target pasar yang tepat serta inovasi yang jeli dan konsisten.
DAFTAR PUSTAKA

http://syarifahsirtina.blogspot.com/2010/12/perusahaan-digital-e-commerce-dan-e.html