Makalah Marketing Mix



PENDAHULUAN 

            Banyak pemasaran langsung hanya menggunakan satu macam usaha untuk menjangkau dan menjual kepada Bauran pemasarannya juga bisa mengambil bentuk-bentuk online. Tinggal mencari analoginya. Misal, iklan, bisa pasang banner di media online. Lalu, promo, bisa dilakukan lewat email marketing. Dan seterusnya. Bentuk-bentuk ini kelihatannya belum dieksplorasi. Komunikasi pemasaran atau dalam 4P disebut promosi adalah salah satu unsur dari bauran pemasaran atau marketing mix. Blog juga salah satu bentuk komunikasi, mungkin bisa dikategorikan sebagai marketing pemasaran terhadap penyusunan strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar interengrasi dan vertifikasi dan strategi pemasaran
adakah referensi/jurnal yang menjelaskan secara detail bagaimana komposisi 4P dalam menyusun berbagai macam strategi
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Para pelaku pasar sudah jamak menyampaikan informasi produk dan berupaya membujuk konsumen agar mau membeli produk. Pada hakekatnya, komunikasi pemasaran mengandalkan stimuli lingkungan yang sengaja dirancang untuk mempengaruhi kognisi, sikap dan perilaku
PEMBAHASAN.


A.    MARKETING MIX
Strategi Pemasaran adalah himpunan asaz yang secara tepat dan konsisten dan layak dilaksanakan perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang dan tujuan perusahaan jangka panjang (objektifitas) dalam situasi persaingan tertentu.
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel / kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yautu produk , harga, promosi dan distribusi. Atau dengan kata lain, marketing mix merupakan kumpulan-kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan /bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.
Marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.

B.     KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTERENGRASI
Komunikasi pemasaran adalah himpunan bagian dari subjek keseluruhan wilayah yang  dikenal  sebagai   pemasaran. Pemasaran memiliki bauran pemasaran yang dibuat dari harga, tempat, promosi,produk (kenal sebagai empat P's), yang meliputi manusia, proses dan bukti fisik, ketika layanan pemasaran yang dikenal sebagai tujuh P.
Integrated Marketing Communication adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan holistik komunikasi pemasaran. Ini bertujuan untuk memastikan konsistensi pesan dan penggunaan media yang saling melengkapi. Mencakup konsep online dan offline saluran pemasaran. Saluran pemasaran online termasuk e-Campaign, pemasaran atau program dari optimasi mesin pencari (SEO), bayar per-klik, afiliasi, email, banner ke saluran terkait web terbaru untuk webinar, blog, micro-blogging, RSS, podcast, dan internet TV. Saluran pemasaran offline tradisional cetak (koran, majalah), mail order, public relation, hubungan industri, papan reklame, radio, dan televisi. Sebuah perusahaan mengembangkan program komunikasi pemasaran terpadu menggunakan semua elemen dari bauran pemasaran tersebut (produk, harga, tempat, dan promosi).
Komunikasi pemasaran terpadu adalah integrasi dari semua alat pemasaran, pendekatan, dan sumber daya dalam perusahaan yang berdampak pada konsumen memaksimalkan pikiran dan hasil yang menjadi keuntungan maksimum dengan biaya minimum. Umumnya pemasaran dimulai dari "Marketing Mix". Promosi adalah salah satu elemen dari Marketing Mix. Kegiatan promosi meliputi Periklanan (dengan menggunakan media yang berbeda), promosi penjualan  (penjualan dan promosi perdagangan), dan kegiatan penjualan secara personal.  Ini  juga termasuk pemasaran internet, sponsor pemasaran, pemasaran langsung, database pemasaran dan public relation. Integrasi semua alat-alat  promosi  ini  bersama  dengan  komponen  lain  dari bauran  pemasaran  untuk  memperoleh keunggulan pesaing  disebut Integrated Marketing Communication.
1. Bagaimana cara komunikasi pemasaran cocok?
Mengapa komunikasi pemasaran 'terintegrasi " Terpadu berarti menggabungkan atau amalgamate, atau hanya menempatkan potongan-potongan  teka-teki yang  bersama-sama  membuat  gambaran yang lengkap. Ini adalah  agar pesan  tunggal disampaikan oleh semua komunikasi pemasaran. Pesan yang berbeda membingungkan pelanggan Anda dan merusak merek. Jadi, jika iklan TV membawa logo tertentu, gambar dan pesan, maka semua iklan surat kabar dan point-of-sale bahan harus membawa logo yang sama, gambar atau pesan, atau salah satu yang sesuai dengan tema yang sama. Coca-Cola menggunakan yang akrab, logo merah dan putih serta mempertahankan tema kebersamaan dan kenikmatan, keseluruhannya adalah komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran memiliki campuran. Unsur dari campuran ini dicampur dalam jumlah yang berbeda dalam kampanye. Bauran komunikasi pemasaran mencakup berbagai unsur yang berbeda, dan daftar berikut ini sama sekali tidak meyakinkan. Diakui bahwa ada beberapa salib di antara unsur-unsur individu (misalnya; Apakah menyumbangkan komputer untuk sekolah-sekolah, dengan meminta pembeli untuk mengumpulkan voucher, public relations atau promosi penjualan)
Komunikasi pemasaran terpadu melihat unsur-unsur komunikasi campuran 'terintegrasi' menjadi satu kesatuan yang koheren. Hal ini dikenal sebagai bauran komunikasi pemasaran, dan membentuk dasar dari kampanye komunikasi pemasaran.
2. Tujuan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran meliputi tiga tujuan utama, yaitu untuk menyebarkan informasi (komunikasi informatif), mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen (komunikasi persuasif), dan mengingatkan khalayak untuk melakukan pembelian ulang (komunikasi mengingatkan kembali).
Respon atau tanggapan konsumen sebagai komunikan meliputi (Tjiptono, 1997: 220):
a) Efek kognitif, yaitu membentu kesadaran informasi tertentu.
b) Efek afektif, yakni memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu. Yang diharapkan adalah reaksi pembelian.
c) Efek konatif atau perilaku yaitu membentuk pola khalayak menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang diharapkan adalah pembelian ulang.
Secara umum ada tiga tingkatan dasar untuk hirarki efek dalam praktik komunikasi pemasaran (Prisgunanto, 2006: 69). Hal ini dapat dianggap sebagai tahapan dan posisi di mana pelanggan atau khalayak merespon dan memahami suatu produk dari hasil interaksi mereka lewat komunikasi pemasaran. Tahapan tersebut terbagi dalam beberapa tingkatan berikut:
1) Tahap knowings (mengetahui / kenal)

2) Tahap feelings (merasakan / hasrat)

3) Tahap actions (tindakan terpengaruh)



- BAURAN PEMASARAN DAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN

a) Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran atau strategi pemasaran merupakan kombinasi dari berbagai tahapan atau elemen yang diperlukan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan eksekusi atau pelaksanaan keseluruhan operasi pemasaran Konsep dasar 4P dalam bauran pemasaran untuk pertama kalinya diperkenalkan E.Jerome Mc.Carthy, yang kemudian dikembangkan oleh Philip Kotler. Prinsip 4P ini pada dasarnya membagi bauran pemasaran menjadi empat bagian utama yakni product (produk), place (tempat), price (harga), promotion (promosi).
1.      Products:
      Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.
2.      Place (Tempat atau Distribusi)
Merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali distributor dan pemilihan saluran distribusinya. Distributor sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.
3.      Promotion
Merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.
4.      Price (Harga)
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
Harga merupakan unsur terpenting dalam marketing mix setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam marketing mix yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen
                  Keempat strategi tersebut  saling mempengaruhi sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi, yaitu strategi acuan / bauran. Sedangkan srategi marketing mix merupakan bagian dari strategi pemasaran dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan variabel yang dapat dikendalikan pimpinan perusahaan , untuk mencapai tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran.

b. Bauran Komunikasi Pemasaran

Sarana untuk melakukan komunikasi pemasaran adalah bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) total sebuah perusahaan disebut juga bauran promosinya (promotion mix) merupakan perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan pemasarannya
Pada dasarnya, marketing communication mix terdiri atas empat elemen dasar, kata De Loizer, yang dilanjutkan oleh Kotler, yang kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp. Kemudian, konsepsi tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas empat kegiatan dasar, yaitu:



1.      Iklan

Iklan atau periklanan (advertising) adalah media komunikasi pemasaran yang sudah menjadi bagian integral dari masyarakat dan sistem ekonomi manusia. Dalam kehidupan masyarakat yang sudah maju dan kompleks, iklan berevolusi ke dalam sistem komunikasi vital masyarakat, terutama dunia bisnis. Beriklan perlu metode promosi yang seakurat mungkin karena imbasnya sedemikian dahsyat kepada khalayak, baik dalam hal isi pesan maupun penyampaian.
Pengiklanan massal biasanya mencapai jumlah orang yang tidak spesifik, kebanyakan tidak dalam pasar untuk produk atau tidak akan membelinya dalam jangka waktu tertentu. Sarana pengiklanan langsung dipakai untuk memperoleh pesanan langsung segera dari konsumen yang ditargetkan. Walaupun pemasaran langsung pada awalnya dilakukan lewat pos dan katalog pesanan lewat pos, belakangan ini ada beberapa bentuk, tambahan, termasuk pemasaran jarak jauh, pemasaran langsung lewat radio dan televisi, serta berbelanja lewat komputer.

2. Personal Selling
Sarana personal selling memiliki efek langsung pada proses penjualan berdasarkan sales forces. Memang keandalan personal selling yang paling utama adalah mampu mendekatkan pelanggan dengan penjualan lewat penggunaan jalur-jalur distribusi barang dan produk yang ada. Lewat personal selling ini pelanggan akan tanpa sungkan-sungkan menanyakan dan mencari tahu kemampuan produk tersebut dengan leluasa. Mereka juga akan bisa mendapatkan informasi akurat, sisi kebaikan dan keburukan dari produk secara langsung dari konsumen

3. Sales Promotion dan Pameran
Pada sarana komunikasi pemasaran, sales promotion dan pameran adalah memiliki efek yang singkat sebagai upaya menstimulasi tekanan pada sikap pembelian. Asumsi ini berangkat dari kebiasaan orang yang akan membeli sesuatu barang tidak akan merencanakan sesuatu itu secara mendadak, hal inilah yang akan terjadi pada penjualan lewat sarana ini. Mungkin saja penjualan pada saat promosi atau pameran akaan sangat tinggi karena faktor-faktor lain, bukan pada kesadaran pelanggan atau konsumen akan produk tersebut, seperti kebanyakan pengunjung pameran memerlukan barang yang ada demi satu kegunaan, tetapi bukan pada merek yang ditawarkan dalam komunikasi pemasaran
4.                                      Publik Relations

Sarana komunikasi pemasaran ini bisa dikatakan bersifat konstan. Sarana ini akan membangun efek pemasaran yang sangat lambat sebagai pendukung fungsi-fungsi komunikasi yang lain kepada pelanggan sebagai reinforce kredibilitas produk. Misalnya, perusahaan memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar lingkungan perusahaan dengan ikut membantu kesejahteraan mereka dengan kegiatan kemanusiaan dan lain-laiin.
Membina hubungan baik dengan menciptakan pengembangan komunitas (community development) adalah strategi yang sangat jitu dan baik karena sifatnya yang berkelanjutan bagi perusahaan. Walau efeknya lambat, namun proses kenaikan kepercayaan dan penyaluran pesan akan semakin meningkat secara ajek dan konstan. Keandalannya adalah promosi ini tidak keropos, tidak seperti penciptaan kepercayaan lewat iklan, promosi langsung dan pameran.
KESIMPULAN.


            Marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.
            Komunikasi pemasaran adalah himpunan bagian dari subjek keseluruhan wilayah yang  dikenal  sebagai   pemasaran. Pemasaran memiliki bauran pemasaran yang dibuat dari harga, tempat, promosi,produk (kenal sebagai empat P's), yang meliputi manusia, proses dan bukti fisik, ketika layanan pemasaran
Bauran Komunikasi Pemasaran terdiri dari , Iklan, Personal selling, Sales Promotion dan Pameran, Publick Relation.
DAFTAR PUSTAKA

           
Asrory Sofyan 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Press.
Kertajaya. 2004. Marketing In Vennus. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Yuni Nugraha. Pemasaran. Google. Com.
Klotter Philip. 2005. Marketing Management. Edisi 12.Prentice hall inc