REKSADANA SYARIAH: PELUANG DAN TANTANGAN


REKSADANA SYARIAH:
PELUANG DAN TANTANGAN


Disusun Oleh
ARIS ALFATAH  (09390102)

Daftar isi ............................................................................................................................. 2
Bab I
   Pendahuluan .................................................................................................................... 3
Bab II
   Pembahasan
A.    Definisi reksadana dan reksadana syariah ................................................................ 5
B.     Jenis Produk dan Mekanisme Operasionalnya........................................................... 6
C.     Perbedaan reksa dana syariah dan reksa dana .......................................................... 7
D.    Keuntungan dan kerugian Investasi melalui Reksadana............................................ 8
E.     Perkembangan Reksadana Syariah............................................................................ 10
F.      Peluang dan Tantangan Reksadana Syariah di Indonesia................................ ......... 11
BAB III
   Penutup
   Kesimpulan ...................................................................................................................... 15
   Daftar pustaka ................................................................................................................. 16




BAB I
PENDAHULUAN

Latar belakang
Dalam berinvestasi dewasa ini banyak jalan yang bisa dilalui, baik dilakukan oleh pemilik modal sendiri maupun diserahkan kepada pihak lain untuk diinvestasikan. Pada saat pemilik modal tidak bisa menjalankan usahanya sendiri, maka usaha dilakukan oleh pihak lain.
Pengalokasian modal kepada pihak lain itu bisa disalurkan pada orang perorang yang bersifat individual atau disalurkan kepada lembaga atau badan usaha. Badan usaha yang dijadikan tempat investasi itu dapat berupa lembaga ekonomi maupun keuangan. Lembaga keuangan itu sendiri bisa berupa lembaga
keuangan yang menyelenggarakan kegiatan perbankan atau kegiatan non perbankan. Sedangkan

makalah siklus hidup sistem


SIKLUS HIDUP SISTEM
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sistem Informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengolah data (yang biasanya meliputi komputer, program aplikasi dan jaringan) dan manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak. Sistem Informasi ada pada hampir setiap perusahaan atau instansi untuk mendukung kegiatan bisnis mereka sehari-hari. Biasanya porsi pengerjaan pengembangan sistem informasi diserahkan kepada orang-orang yang bekerja di bidang Teknologi Informasi.
Dalam membangun suatu sistem informasi (dalam hal ini lebih mengacu kepada pengertian aplikasi perangkat lunak) digunakan metode Siklus Hidup dan Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle atau SDLC). SDLC terdiri dari sejumlah tahapan yang dilaksanakan secara berurutan. Secara umum tahapan dari SDLC adalah Perencanaan, analisis, rancangan, penerapan dan penggunaan. Namun pada prakteknya hal ini tidaklah selalu mulus untuk dilaksanakan. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan sistem informasi. Terutama adalah pada faktor manusia yang terlibat. Dari pihak pengembang, kurangnya keahlian dan pengalaman bisa menyebabkan kesalahan dalam satu tahapan sehingga menyebabkan siklus ini harus diulangi dari tahapan yang salah. Bisa terjadi bahwa siklus ini dilakukan sampai berulang-ulang. Dari pihak pengguna, idealnya perlu bersama-sama dengan pihak pengembang untuk memahami sistem informasi mulai dari awal siklus hidup pengembangan sistem. Apabila perlu dilakukan revisi dan pengulangan tahapan siklus hidup pengembangan sistem.

Sistem manajemen basis data


BAB I
PENDAHULUAN

Pesatnya perkembangan peradaban manusia sekarang  ini, seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi yang mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Perkembangan cara penyampaian informasi yang dikenal dengan istilah Teknologi informasi atau Information Technology (IT) bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat dalam kehidupan, karena dengan dukungannya membuat organisasi/instansi dan individu/perseorangan dalam kancah dunia bisnis merasa memiliki keunggulan kompetitif (daya saing) luar biasa khususnya dalam mengaudit sistem informasi akuntansi yang berbasis pada komputerisasi guna membantu meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen dalam mengembangkan sistem yang ada maupun dalam menyusun suatu sistem yang baru menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada serta untuk perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan sehingga senantiasa memiliki sinergi untuk eksis dalam dunia bisnis.

Peranan Teknologi Informasi dalam bisnis telah mengubah secara radikal tipe pekerjaan, pekerja, organisasi bahkan sistem manajemen dalam mengelola sebuah organisasi. Semula pekerjaan banyak yang mengandalkan otot ke pekerjaan yang mengandalkan otak. Tipe pekerjaan menjadi dominan bisa memiliki peranan penting menggantikan peran manusia secara otomatis terhadap suatu siklus sistem mulai dari input, proses dan output di dalam melaksanakan aktivitas serta telah  menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-

Panduan Penulisan Kutipan, Catatan Kaki, Dftr Pustaka


A. Kutipan
Kutipan adalah penggunaan sumber dalam suatu tulisan, terdiri atas kutipan
langsung dan kutipan tidak langsung. Sedangkan kutipan tidak langsung atau disebut
parafrase adalah kutipan yang berupa isi pokok pikiran dari sumber rujukan yang ditulis
dengan bahasa pengutip.
1. Kutipan Langsung
Kutipan langsung berupa teks asli dari sumber rujukan tanpa ada perubahan. Untuk
memastikan keakuratan terjemahan dengan teks asli, kutipan langsung dari sumber
rujukan yang tidak berbahasa Indonesia perlu ditulis teks aslinya, misalnya: teks Al
Quran, Hadis, atau teks dokumentatif.
Berdasarkan sumbernya, kutipan langsung yang terdiri atas satu sampai dengan tiga
baris ditulis dengan cara :

Sumber Dana Jangka Menengah


SUMBER DANA JANGKA MENENGAH
Materi Pembahasan :
1.    Term Loan dan Equipment loan
2.    Pembiayaan dan Keunggulan Leasing
3.    Analisis Pembiayaan leasing

TERM LOAN DAN EQUIPMENT LOAN
Pembiayaan dengan menggunakan jangka menengah banyak digunakan oleh perusahaan jika mereka membutuhkan dana. Ragam dan sumber pembiayaanpun sekarang makin bertambah, walaupun sebenarnya tidak dibedakan secara jelas jangka menengah dan jangka panjang namun biasanya pembiayaan berjangka waktu satu sampai sepuluh tahun adalah jangka menengah dan selebihnya adalah jangka panjang.

artikel kebijakan deviden


KEBIJAKAN  DIVIDEN

1.           Beberapa  Teori  Kebijakan  Dividen  :

Ø  Manajemen  mempunyai  2  alternatif  perlakuan  terhadap  penghasilan  bersih  sesudah  pajak  ( EAT )  perusahaan  yaitu  :
1.            Dibagi  kepada  para  pemegang  saham  perusahaan  dalam  bentuk  dividen
2.            Diinvestasikan  kembali  ke  perusahaan  sebagai  laba  ditahan  ( retaired  earning ).
Pada  umumnya  sebagian  EAT  ( Earning  After  Tax )  dibagi  dalam  bentuk  dividen  dan  sebagian  lagi  diinvestasikan  kembali,  artinya  manajemen  harus  membuat  keputusan  tentang  besarnya  EAT  yang  dibagikan  sebagai  dividen.  Pembuat  keputusan  tentang  dividen  ini  disebut  kebijakan  dividen  ( dividen  policy ).

Makalah Marketing Mix



PENDAHULUAN 

            Banyak pemasaran langsung hanya menggunakan satu macam usaha untuk menjangkau dan menjual kepada Bauran pemasarannya juga bisa mengambil bentuk-bentuk online. Tinggal mencari analoginya. Misal, iklan, bisa pasang banner di media online. Lalu, promo, bisa dilakukan lewat email marketing. Dan seterusnya. Bentuk-bentuk ini kelihatannya belum dieksplorasi. Komunikasi pemasaran atau dalam 4P disebut promosi adalah salah satu unsur dari bauran pemasaran atau marketing mix. Blog juga salah satu bentuk komunikasi, mungkin bisa dikategorikan sebagai marketing pemasaran terhadap penyusunan strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar interengrasi dan vertifikasi dan strategi pemasaran
adakah referensi/jurnal yang menjelaskan secara detail bagaimana komposisi 4P dalam menyusun berbagai macam strategi
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Para pelaku pasar sudah jamak menyampaikan informasi produk dan berupaya membujuk konsumen agar mau membeli produk. Pada hakekatnya, komunikasi pemasaran mengandalkan stimuli lingkungan yang sengaja dirancang untuk mempengaruhi kognisi, sikap dan perilaku
PEMBAHASAN.


A.    MARKETING MIX
Strategi Pemasaran adalah himpunan asaz yang secara tepat dan konsisten dan layak dilaksanakan perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang dan tujuan perusahaan jangka panjang (objektifitas) dalam situasi persaingan tertentu.
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel / kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yautu produk , harga, promosi dan distribusi. Atau dengan kata lain, marketing mix merupakan kumpulan-kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan /bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

UJI REGRESI BERGANDA & UJI ASUMSI KLASIK Menggunakan SPSS


UJI REGRESI BERGANDA
Cara melakukan uji regresi berganda:
1. Klik Analyze > Regression > Linear
2. Pengisian:
a. Dependent: variabel tergantung
b. Independent(s): variabel bebas
c. Case Labels: keterangan pada kasus
d. Method: tetap pada default yang ada, yaitu Enter
3. Klik Options dan diisi seperti berikut ini:
a. Stepping Method Criteria: pilih Use probability of F dan isi
    Entry: .05
b. Tetap pada default Include constant in equation
c. Missing value: Exclude cases pairwise
d. Klik Continue
4. Klik Statistics dan diisi seperti berikut ini:
a. Regression Coefficients: pilih Estimates
b. Pilih Model Fit dan Descriptives
c. Residuals: pilih Durbin-Watson
d. Klik Continue
5. Klik Plots, kemudian klik Produce all partial plots dan Normal
Probability Plot, lalu klik Continue
6. Klik OK
Cara menganalisis hasil regresi:
1. Tabel Descriptive Statistics --> menampilkan mean (rata-rata),
deviasi standar, dan jumlah sample (N).

Artikel Perusahaan digital : E-business


PERUSAHAAN DIGITAL: E-BUSINESS

PENDAHULUAN

E-bisnis (E-business) adalah pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. E-bisnis juga diartikan sebagai penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon). E-business menggunakan teknologi elektronik utamanya adalah internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. Menurut O’Brien e-bussines adalah penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat prosesproses bisnis, perdagangan elektronis (e-commerce) dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok dan mitra kerja bisnis elektronis lainya.
Merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak, sehingga menjadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM juga merupakan kelompok pelaku

Artikel model sistem umum perusahaan


MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN
BAB I
PENDAHULUAN

Model sistem umum pada perusahaan adalah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari berbagai jenis model yang digunakan oleh perusahaan beserta kegunaan model itu sendiri yang mempengaruhi juga di perusahaan agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan masa depan. Yang biasa digunakan oleh perusahaan adalah model sistem informasi fisik dan konseptual. Dan pada pendekatan sistem adalah sebagai perwujudan manajer dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah pada perusahan tersebut.
Pada pembahasan ini akan dibahas tentang model sistem umum perusahaaan. Diharapkan dari pembahasan ini, dapat mengetahui gambaran umum dari model sistem umum perusahaaan sepert definisi model ,jenis-jenis model dan kegunaan model.
BAB II
PEMBAHASAN

        A.       Pengertian model
Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk

Makalah Tentang Sistem Informasi Manajemen


PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI DATABASE DALAM PERUSAHAAN KECIL

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmaanirahiim.
Segala puji dan Syukur Al-Hamdulillah kehadhirat Allah SWT yang telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya, dan melimpahkan nikmat dan karunianya, khususnya kepada penulis sehingga dengan inayah dan hidayahnya penulis bisa menyelesaikan Makalah ini, pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Dengan demikian saya sangat berterima kasih sekali kepada dosen yang telah memberikan bimbingan dan pencerahan ilmu dalam mata kuliah tersebut dan kepada teman-teman yang telah membantu dalam menyelesaikan Makalah ini yang penuh ceria, sebagai teman diskusi, berinteraksi pemikiran, semoga persahabatan keilmuan di antara kita selalu abadi.
Di dalam Makalah ini saya sudah berusaha memaparkan dalam bentuk yang sangat sederhana, ringkas dan sistematis serta mudah dipahami, namun demikian tentu tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan. Untuk itu saya berharap kritik dan saran untuk kesempurnaan