PENDAHULUAN
Banyak
pemasaran langsung hanya menggunakan satu macam usaha
untuk menjangkau dan menjual kepada Bauran pemasarannya juga bisa
mengambil bentuk-bentuk online. Tinggal mencari analoginya. Misal, iklan, bisa
pasang banner di media online. Lalu, promo, bisa dilakukan lewat email
marketing. Dan seterusnya. Bentuk-bentuk ini kelihatannya belum dieksplorasi.
Komunikasi pemasaran atau dalam 4P disebut promosi adalah salah satu unsur dari
bauran pemasaran atau marketing mix. Blog juga salah satu bentuk komunikasi,
mungkin bisa dikategorikan sebagai marketing pemasaran terhadap penyusunan
strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar interengrasi
dan vertifikasi dan strategi pemasaran
adakah referensi/jurnal yang menjelaskan secara detail bagaimana komposisi 4P dalam menyusun berbagai macam strategi
adakah referensi/jurnal yang menjelaskan secara detail bagaimana komposisi 4P dalam menyusun berbagai macam strategi
Strategi pemasaran merupakan hal yang
sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara
mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Para pelaku
pasar sudah jamak menyampaikan informasi produk dan berupaya membujuk konsumen
agar mau membeli produk. Pada hakekatnya, komunikasi pemasaran mengandalkan
stimuli lingkungan yang sengaja dirancang untuk mempengaruhi kognisi, sikap dan
perilaku
PEMBAHASAN.
A. MARKETING
MIX
Strategi Pemasaran adalah himpunan
asaz yang secara tepat dan konsisten dan layak dilaksanakan perusahaan guna
mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang dan
tujuan perusahaan jangka panjang (objektifitas) dalam situasi persaingan
tertentu.
Marketing Mix adalah kombinasi dari
empat variabel / kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yautu
produk , harga, promosi dan distribusi. Atau dengan kata lain, marketing mix
merupakan kumpulan-kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan oleh
perusahaan /bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.
Marketing mix adalah seperangkat alat
pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang
dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk
mencapai target market.
B. KOMUNIKASI
PEMASARAN TERINTERENGRASI
Komunikasi pemasaran adalah
himpunan bagian dari subjek keseluruhan wilayah yang dikenal
sebagai pemasaran. Pemasaran memiliki bauran pemasaran yang dibuat dari
harga, tempat, promosi,produk (kenal sebagai empat P's), yang meliputi manusia,
proses dan bukti fisik, ketika layanan pemasaran yang dikenal sebagai tujuh P.
Integrated Marketing Communication
adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan holistik
komunikasi pemasaran. Ini bertujuan untuk memastikan konsistensi pesan dan
penggunaan media yang saling melengkapi. Mencakup konsep online dan offline
saluran pemasaran. Saluran pemasaran online termasuk e-Campaign, pemasaran atau
program dari optimasi mesin pencari (SEO), bayar per-klik, afiliasi, email,
banner ke saluran terkait web terbaru untuk webinar, blog, micro-blogging, RSS,
podcast, dan internet TV. Saluran pemasaran offline tradisional cetak (koran,
majalah), mail order, public relation, hubungan industri, papan reklame, radio,
dan televisi. Sebuah perusahaan mengembangkan program komunikasi pemasaran
terpadu menggunakan semua elemen dari bauran pemasaran tersebut (produk, harga,
tempat, dan promosi).
Komunikasi pemasaran terpadu adalah
integrasi dari semua alat pemasaran, pendekatan, dan sumber daya dalam
perusahaan yang berdampak pada konsumen memaksimalkan pikiran dan hasil yang
menjadi keuntungan maksimum dengan biaya minimum. Umumnya pemasaran dimulai
dari "Marketing Mix". Promosi adalah salah satu elemen dari Marketing
Mix. Kegiatan promosi meliputi Periklanan (dengan menggunakan media yang
berbeda), promosi penjualan (penjualan dan promosi perdagangan), dan
kegiatan penjualan secara personal. Ini juga termasuk pemasaran internet,
sponsor pemasaran, pemasaran langsung, database pemasaran dan public relation.
Integrasi semua alat-alat promosi ini bersama
dengan komponen lain dari bauran pemasaran
untuk memperoleh keunggulan pesaing disebut Integrated Marketing
Communication.
1. Bagaimana cara komunikasi pemasaran cocok?
Mengapa
komunikasi pemasaran 'terintegrasi " Terpadu berarti menggabungkan atau
amalgamate, atau hanya menempatkan potongan-potongan teka-teki yang
bersama-sama membuat gambaran yang lengkap. Ini adalah agar
pesan tunggal disampaikan oleh semua komunikasi pemasaran. Pesan yang
berbeda membingungkan pelanggan Anda dan merusak merek. Jadi, jika iklan TV
membawa logo tertentu, gambar dan pesan, maka semua iklan surat kabar dan
point-of-sale bahan harus membawa logo yang sama, gambar atau pesan, atau salah
satu yang sesuai dengan tema yang sama. Coca-Cola menggunakan yang akrab, logo
merah dan putih serta mempertahankan tema kebersamaan dan kenikmatan,
keseluruhannya adalah komunikasi pemasaran.
Komunikasi
pemasaran memiliki campuran. Unsur dari campuran ini dicampur dalam jumlah yang
berbeda dalam kampanye. Bauran komunikasi pemasaran mencakup berbagai unsur
yang berbeda, dan daftar berikut ini sama sekali tidak meyakinkan. Diakui bahwa
ada beberapa salib di antara unsur-unsur individu (misalnya; Apakah menyumbangkan komputer untuk sekolah-sekolah,
dengan meminta pembeli untuk mengumpulkan voucher, public relations atau
promosi penjualan)
Komunikasi
pemasaran terpadu melihat unsur-unsur komunikasi campuran 'terintegrasi'
menjadi satu kesatuan yang koheren. Hal ini dikenal sebagai bauran komunikasi pemasaran, dan membentuk dasar
dari kampanye komunikasi pemasaran.
2. Tujuan
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi
pemasaran meliputi tiga tujuan utama, yaitu untuk menyebarkan informasi
(komunikasi informatif), mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik
konsumen (komunikasi persuasif), dan mengingatkan khalayak untuk melakukan
pembelian ulang (komunikasi mengingatkan kembali).
Respon atau tanggapan konsumen
sebagai komunikan meliputi (Tjiptono, 1997: 220):
a)
Efek kognitif, yaitu membentu kesadaran informasi tertentu.
b) Efek afektif, yakni memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu. Yang
diharapkan adalah reaksi pembelian.
c) Efek konatif atau perilaku
yaitu membentuk pola khalayak menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang
diharapkan adalah pembelian ulang.
Secara umum
ada tiga tingkatan dasar untuk hirarki efek dalam praktik komunikasi pemasaran
(Prisgunanto, 2006: 69). Hal ini dapat dianggap sebagai tahapan dan posisi di
mana pelanggan atau khalayak merespon dan memahami suatu produk dari hasil
interaksi mereka lewat komunikasi pemasaran. Tahapan tersebut terbagi dalam
beberapa tingkatan berikut:
1) Tahap knowings (mengetahui
/ kenal)
2) Tahap feelings (merasakan
/ hasrat)
3) Tahap actions (tindakan terpengaruh)
- BAURAN PEMASARAN DAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN
a) Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran atau strategi pemasaran merupakan kombinasi dari berbagai
tahapan atau elemen yang diperlukan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan
eksekusi atau pelaksanaan keseluruhan operasi pemasaran Konsep dasar 4P dalam
bauran pemasaran untuk pertama kalinya diperkenalkan E.Jerome Mc.Carthy, yang
kemudian dikembangkan oleh Philip Kotler. Prinsip 4P ini pada dasarnya membagi
bauran pemasaran menjadi empat bagian utama yakni product (produk), place
(tempat), price (harga), promotion (promosi).
1.
Products:
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke
suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Produk merupakan segala sesuatu yang
dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat,
kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.
2.
Place
(Tempat atau Distribusi)
Merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
Merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
Sebelum produsen
memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang
akan dilakukan. Disini penting sekali distributor dan pemilihan saluran
distribusinya. Distributor sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah
yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula
disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling
tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau
dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai
aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia
bagi pelanggan sasaran”.
3.
Promotion
Merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Promosi pada dasarnya
adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”.
Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah
aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk
dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di
pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada
produk yang ditawarkan.
4.
Price
(Harga)
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
Harga merupakan unsur terpenting dalam marketing mix
setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam marketing mix
yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan
biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan
harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh
produsen
Keempat
strategi tersebut saling mempengaruhi
sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi, yaitu strategi acuan
/ bauran. Sedangkan srategi marketing mix merupakan bagian dari strategi
pemasaran dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan variabel yang dapat
dikendalikan pimpinan perusahaan , untuk mencapai tujuan perusahaan dalam
bidang pemasaran.
b. Bauran
Komunikasi Pemasaran
Sarana untuk
melakukan komunikasi pemasaran adalah bauran komunikasi pemasaran (marketing
communication mix) total sebuah perusahaan disebut juga bauran promosinya (promotion
mix) merupakan perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi
penjualan, dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih
tujuan iklan dan pemasarannya
Pada dasarnya,
marketing communication mix terdiri atas empat elemen dasar, kata De
Loizer, yang dilanjutkan oleh Kotler, yang kemudian bentuknya dimodifikasi oleh
Crosier dan Shimp. Kemudian, konsepsi tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995
menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas empat kegiatan
dasar, yaitu:
1.
Iklan
Iklan atau periklanan (advertising) adalah media
komunikasi pemasaran yang sudah menjadi bagian integral dari masyarakat dan
sistem ekonomi manusia. Dalam kehidupan masyarakat yang sudah maju dan
kompleks, iklan berevolusi ke dalam sistem komunikasi vital masyarakat,
terutama dunia bisnis. Beriklan perlu metode promosi yang seakurat mungkin
karena imbasnya sedemikian dahsyat kepada khalayak, baik dalam hal isi pesan
maupun penyampaian.
Pengiklanan massal biasanya mencapai
jumlah orang yang tidak spesifik,
kebanyakan tidak dalam pasar untuk produk atau tidak akan membelinya dalam jangka waktu tertentu. Sarana pengiklanan langsung
dipakai untuk memperoleh pesanan langsung segera dari konsumen
yang ditargetkan. Walaupun pemasaran langsung pada
awalnya dilakukan lewat pos dan katalog pesanan lewat
pos, belakangan ini ada beberapa bentuk, tambahan,
termasuk pemasaran jarak jauh, pemasaran langsung lewat
radio dan televisi, serta berbelanja lewat komputer.
2. Personal Selling
Sarana personal selling memiliki efek langsung
pada proses penjualan berdasarkan sales forces. Memang keandalan personal
selling yang paling utama adalah mampu mendekatkan pelanggan dengan
penjualan lewat penggunaan jalur-jalur distribusi barang dan produk yang ada.
Lewat personal selling ini pelanggan akan tanpa sungkan-sungkan
menanyakan dan mencari tahu kemampuan produk tersebut dengan leluasa. Mereka
juga akan bisa mendapatkan informasi akurat, sisi kebaikan dan keburukan dari
produk secara langsung dari konsumen
3. Sales Promotion dan Pameran
Pada sarana komunikasi
pemasaran, sales promotion dan pameran adalah memiliki efek yang singkat
sebagai upaya menstimulasi tekanan pada sikap pembelian. Asumsi ini berangkat
dari kebiasaan orang yang akan membeli sesuatu barang tidak akan merencanakan
sesuatu itu secara mendadak, hal inilah yang akan terjadi pada penjualan lewat
sarana ini. Mungkin saja penjualan pada saat promosi atau pameran akaan sangat
tinggi karena faktor-faktor lain, bukan pada kesadaran pelanggan atau konsumen
akan produk tersebut, seperti kebanyakan pengunjung pameran memerlukan barang
yang ada demi satu kegunaan, tetapi bukan pada merek yang ditawarkan dalam
komunikasi pemasaran
4.
Publik Relations
Sarana komunikasi pemasaran ini bisa dikatakan bersifat
konstan. Sarana ini akan membangun efek pemasaran yang sangat lambat sebagai
pendukung fungsi-fungsi komunikasi yang lain kepada pelanggan sebagai reinforce
kredibilitas produk. Misalnya, perusahaan memberikan bantuan kepada
masyarakat sekitar lingkungan perusahaan dengan ikut membantu kesejahteraan mereka
dengan kegiatan kemanusiaan dan lain-laiin.
Membina hubungan baik dengan menciptakan pengembangan komunitas (community
development) adalah strategi yang sangat jitu dan baik karena sifatnya yang
berkelanjutan bagi perusahaan. Walau efeknya lambat, namun proses kenaikan
kepercayaan dan penyaluran pesan akan semakin meningkat secara ajek dan
konstan. Keandalannya adalah promosi ini tidak keropos, tidak seperti
penciptaan kepercayaan lewat iklan, promosi langsung dan pameran.
KESIMPULAN.
Marketing mix
adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga,
tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon
yang diinginkan untuk mencapai target market.
Komunikasi pemasaran adalah himpunan bagian
dari subjek keseluruhan wilayah yang dikenal sebagai
pemasaran. Pemasaran memiliki bauran pemasaran yang dibuat dari harga, tempat,
promosi,produk (kenal sebagai empat P's), yang meliputi manusia, proses dan bukti
fisik, ketika layanan pemasaran
Bauran Komunikasi Pemasaran terdiri dari , Iklan,
Personal selling, Sales Promotion dan Pameran, Publick Relation.
DAFTAR PUSTAKA
Asrory Sofyan 2004. Manajemen
Pemasaran. Jakarta. Rajawali Press.
Kertajaya. 2004. Marketing In Vennus. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Yuni Nugraha. Pemasaran. Google. Com.
Klotter
Philip. 2005. Marketing Management. Edisi 12.Prentice hall inc